Pebisnis Kini Bisa Ngobrol Lebih Aman Lewat WebEx

Ancaman keamanan data tampaknya menjadi salah satu hal yang menyita perhatian para pembuat platform pesan instan. Cisco pun demikian.

JAKARTA, KOMPAS.com – Ancaman keamanan data tampaknya menjadi salah satu hal yang menyita perhatian para pembuat platform pesan instan. Cisco pun demikian.

Aplikasi WebEx yang kerap digunakan untuk teleconference dan berbagi data pun kini menerapkan sistem keamanan yang lebih terintegrasi dan bisa melindungi data perusahaan.

Menurut Managing Director Cisco Indonesia, Marina Kacaribu, keamanan data pada platform WebEx ini memang mendapat perhatian yang besar dari Cisco. Pasalnya WebEx bisa digunakan di berbagai perangkat dan ini menyangkut soal risiko bisnis yang besar.

Ia mengatakan ketika sebuah perusahaan melakukan telekonferensi dengan pihak luar, ada informasi yang spesifik dan penting yang bisa saja dibagi oleh perusahaan tersebut. Jika perusahaan tidak bisa mengontrol fungsi keamanan untuk menjaga data, maka ini berpotensi menjadi sebuah ancaman.

Cisco Webex

“Kalau perusahaan tak bisa mengontrol informasi itu, apakah harus di-keep oleh perusahaan atau tidak, maka akan berisiko besar,” ungkap Marina dalam acara relaunching aplikasi WebEx, Selasa (17/7/2018).

Ia menambahkan bahwa keamanan yang ada pada WebEx bukanlah sebuah fitur, melainkan sebuah sistem yang sudah dibenamkan pada aplikasi dengan pola end-to-end encryption.

End-to-end encryption sendiri artinya pesan yang dikirim oleh pengguna disembunyikan secara otomatis dan hanya penerima lah yang bisa melihat pesan tersebut.

Pola enkripsi ini sejatinya bisa kita temukan di beberapa pesan instan yang umum seperti Telegram dan WhatsApp. Namun Cisco mengklaim sistem keamanan yang ada pada WebEx jauh lebih unggul daripada platform lain.

“Cisco sendiri, memiliki portofolio di bidang security yang cukup kuat. Secara global, kami bisa memblok sebanyak 20 miliar ancaman di dalam trafik dan data. Itu hampir empat kali lebih besar dari ancaman yang dialami oleh Google,” ungkap Marina.

Aplikasi WebEx sendiri memiliki beberapa produk yang kini diintegrasikan dalam satu wadah. Produk tersebut di antaranya adalah WebEx Calling, WebEx Meetings, dan WebEx Teams.

WebEx Calling digunakan agar pengguna bisa berkonferensi dalam jumlah yang besar. Kemudian WebEx Meetings dapat digunakan untuk merancang sebuah pertemuan mulai dari jadwal, peserta, hingga lokasi.
Sedangkan WebEx Teams digunakan untuk berkolaborasi antara satu tim dengan tim lain dalam sebuah konferensi baik itu dalam perusahaan yang sama maupun antar perusahaan.

Kelebihan lain dari aplikasi WebEx ini adalah ia terintegrasi dengan platform lain seperti Slack, Google dan Microsoft.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pebisnis Kini Bisa Ngobrol Lebih Aman Lewat WebEx”, https://tekno.kompas.com/read/2018/07/17/16270047/pebisnis-kini-bisa-ngobrol-lebih-aman-lewat-webex.
Penulis : Yudha Pratomo
Editor : Reska K. Nistanto

Leave a reply


2 × five =